Mengapa Banyak Pria Menderita Ejakulasi Dini

Meski ejakulasi dini sudah dianggap sebagai disfungsi seksual yang paling umum terjadi dan diderita kaum pria, faktanya adalah kita masih belum tahu apa-apa saja penyebab ejakulasi dini. Tapi meskipun begitu, saat ini sudah ada beberapa cara mengontrol ejakulasi yang bisa di pelajari dengan mudah.

Dalam hal ini, jika kita tidak tahu apa penyebab ejakulasi dini, kita masih bisa mempelajari bagaimana mengendalikan dan mengatasi ejakulasi dini.

Di tinjau dari sudut pandang psikologi evolusi, tujuan dari seks adalah procreation (berkembang biak) dan karenanya tidak ada alasan untuk memperlama durasi dalam berhubungan. Jika istri anda bisa hamil dan melahirkan bayi, tidak perduli apakah durasi anda cuma 1 menit atau apakah istri anda puas atau tidak, anda sebagai pria sehat 100%.
Ya barangkali kita adalah satu-satunya primata yang sangat ingin memperpanjang ereksi untuk memperlama hubungan seks, meskipun kita bukan satu-satunya primata yang menginginkan seks.

Barangkali jawaban sederhana dari mengapa banyak pria menderita ejakulasi dini adalah karena sejak kecil kita tidak diajarkan bagaimana mengontrol ejakulasi. Anak-anak mungkin diajarkan cara kerja sistem reproduksi kaum pria, fungsi dan anatomi penis serta mekanisme ereksi penis tapi kita tidak mengajar mereka pengetahuan bagaimana mengontrol ejakulasi. Anda tidak akan menemukan pengetahuan seperti itu dalam kurikulum kesehatan seksual mereka di sekolah.

Kemungkinan lain penyebab ejakulasi dini adalah masturbasi saat usia masih muda. Ketika masih remaja, para pria sering melakukan masturbasi dengan sembunyi-sembunyi dan dilakukan dengan cepat. Diperkirakan karena respon seksual yang sudah terbentuk sejak masih muda membuat pria mengalami ejakulasi dini ketika dewasa.