Tanda-Tanda Ejakulasi Dini

Setelah mengetahui pengertian ejakulasi dini dan paham apa penyebab terjadinya ejakulasi dini, anda mungkin akan bertanya bagaimana gejala dan tanda-tanda terjadinya ejakulasi dini.

Tanda-tanda utama ejakulasi dini adalah ketika ejakulasi terjadi sebelum kedua pasangan menginginkannya, tidak bisa tahan lama ketika berhubungan seks yang menyebabkan rasa kecewa dan stres pada kedua pihak.

Dokter biasanya membagi ejakulasi dini atas dua bagian yaitu ejakulasi dini primer dan ejakulasi dini sekunder.
Dalam rilis yang dikeluarkan oleh International Society for Sexual Medicine, gejala ejakulasi dini primeradalah:
Ejakulasi yang selalu atau hampir selalu terjadi pada satu menit penetrasi vagina,
Ketidakmampuan untuk menunda ejakulasi pada semua atau hampir semua penetrasi vagina, dan
Menimbulkan konsekuensi negatif pribadi, seperti stres, frustrasi atau menghindari keintiman seksual

Ejakulasi dini primer terjadi sejak seorang pertama kali melakukan hubungan seks. Jika anda pernah merasa puas dengan kehidupan seksual anda dan tiba-tiba pada satu waktu anda merasa menderita ejakulasi dini, maka dalam hal ini anda di kategorikan mengidap ejakulasi dini sekunder.

Bicarakan dengan dokter jika anda berejakulasi lebih cepat dari yang anda dan pasangan anda inginkan. Meskipun Anda merasa masih bisa mengatasi masalah ini sendiri, tetapi kemungkinan dokter akan memberi pengobatan untuk membantu anda memiliki kehidupan seks yang memuaskan. Dengan berkonsultasi ke dokter, anda bisa tahu apakah ejakulasi anda termasuk normal atau prematur/dini.